Perencanaan Ulang Perkerasan Kaku dengan Tulangan pada Jalan Adi Sucipto Kecamatan Palaran
Abstract
Perkerasan jalan merupakan konstruksi yang digunakan untuk jalur lalu lintas yang terdiri dari beberapa susunan lapisan perkerasan dan berada di atas tanah dasar. Konstruksi perkerasan kaku atau disebut dengan perkerasan beton semen (Rigid Pavement) merupakan susunan kontruksi sebagai lapisan permukaan yang menggunakan plat beton. Jalan Adi Sucipto Gang Sukarame termasuk kedalam kelas jalan lingkungan sekunder yang mempunyai lebar 4,0 meter dan panjang 500 meter menggunakan konstruksi perkerasan kaku (Rigid Pavement) sepanjang 240 meter. Banyaknya aktivitas kendaraan setiap tahunnya kondisi Jalan Adi Sucipto Gang Sukarame mengalami kerusakan disebabkan akibat beban lalu lintas yang berlebih dan repetisi sehingga mempercepat kerusakan jalan. Perencanaan ulang perkerasan kaku dengan tulangan yang akan direncanakan sepanjang 500 meter. Tujuan penelitian ini adalah merencanakan ulang perkerasan Jalan Adi Sucipto Gang Sukarame Kecamatan Palaran menggunakan perkerasan kaku dengan tulangan atau jointed reinforced concrete pavement (JRCP) karena memungkinkan di waktu mendatang dibutuhkan infrastruktur jalan yang lebih baik. Perencanaan ulang perkerasan kaku tersebut menggunakan Metode Bina Marga Manual Desain Pekerasan 2017 dengan umur rencana 20 tahun diperoleh tebal pelat beton 275 mm, lapis pondasi (LMC) 100 mm, dowel yang akan digunakan D32 mm, panjang dowel 450 mm dan jarak 300 mm. Sedangkan untuk tie bars yang digunakan yaitu D16, panjang tie bars 700 mm, jarak tie bars 750 mm serta menggunakan tulangan melintang dan memanjang ∅12 – 320 mm.

