Analisis Perencanaan Subgrade Pada Simpang 3 Kota Bangun
Abstract
Jalan merupakan infrastruktur penting dalam mendukung mobilitas masyarakat dan distribusi barang serta jasa. Rekonstruksi Jalan Simpang 3 Kota Bangun dilakukan untuk meningkatkan kelancaran arus lalu lintas dan daya dukung infrastruktur terhadap beban lalu lintas. Penelitian ini bertujuan menganalisis daya dukung tanah subgrade dengan menggunakan metode Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dan sand cone, untuk menentukan nilai California Bearing Ratio (CBR) dan ketebalan subgrade yang sesuai. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data tanah Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dan data tanah sandcone, sedangkan data primer berupa data Lalu Lintas Rerata (LHR). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai CBR rata-rata pada lokasi penelitian adalah 9,973%, yang mengindikasikan daya dukung tanah yang cukup untuk mendukung perkerasan jalan dengan stabil. Analisis ini memberikan panduan dalam menentukan desain ketebalan subgrade sebesar 10 cm atau 100 mm yang optimal sehingga menghasilkan konstruksi jalan yang lebih tahan lama dan efisien.

