• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Health
  • School of Nursing
  • S1 Final Projects
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Mendongeng terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 3 Samarinda Tahun 2018

Thumbnail
View/Open
Skripsi (2.349Mb)
Naskah Publikasi (682.4Kb)
Date
2018-07-04
Author
Wulandari, Fitri
Zulaikha, Fatma
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang : Bahasa adalah suatu sistem komunikasi yang digunakan dengan sukarela dan secara sosial disetujui bersama. Kemampuan berbahasa merupakan indikator seluruh perkembangan anak. Kemampuan bahasa sensitive terhadap keterlambatan atau kerusakan pada sistem lainnya sebab melibatkan kemampuan kognitif, sensori motor, psikologis, emosi dan lingkungan disekitar anak, salah satu cara untuk dapat menstimulus perkembangan bahasa adalah dengan cara mendongeng selama 10-15 menit. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh mendongeng terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK ‘Aisyyah Bustanul Athfal (ABA) 3 Samarinda Metode Penelitian : Penelitian Quassy Experimental dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design tanpa adanya kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan 42 anak usia 5-6 tahun kelas A1 dan A2. Analisa univariat menggunakan mean, median, standard deviasi, Convidence Interval. Lalu, analisa bivariat menggunakan uji wilcoxon Hasil Penelitian : Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa p = 0.000 atau < α0,05, maka H0 ditolak, artinya mendongeng berpengaruh pada perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK ABA 3 Samarinda. Kesimpulan dan Saran : Kegiatan mendongeng berpengaruh pada perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK ABA 3 Samarinda. Pemberian dongeng selama 10-15 menit dapat diterapkan di sekolah dan di rumah sebagai cara untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/616
Collections
  • S1 Final Projects
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback