Pengaruh Kesejahteraan Karyawan Bersifat Pelayanan terhadap Produktivitas Karyawan pada PT Multi Harapan Utama (MHU)
Abstract
Kesejahteraan karyawan bersifat pelayanan akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Jika perusahaan memberikan kesejahteraan yang optimal kepada setiap karyawannya maka otomatis produktifitas karyawan akan meningkat. Karyawan akan mendapat semangat yang lebih dalam bekerja sehingga hal tersebut akan membawa banyak peningkatan untuk perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan karyawan bersifat pelayanan terhadap produktivitas Karyawan PT Multi Harapan Utama. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PT Multi Harapan Utama Data diambil dari kuisioner yang disebarkan ke 105 orang karyawan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan applikasi program SPSS. Variable kesejahteraan bersifat pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Produktivitas sebesar 12,785 tingkat sig. 0,00. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana yang telah dilakukan menunjukkan terdapaat pengaruh antara variabel Kesejahteraan bersifat Pelayanan terhadap variable system Produktivitas. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,613. Dengan demikian berarti bahwa sistem pengendalian manajemen pada PT Multi Harapan Utama dipengaruhi oleh produktifitas karyawan sebesar 61,3% sedangkan sisanya sekitar 38,7 % yang di pengaruhi oleh variable lain.