Hubungan Membaca Al-quran dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi DIII Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Latar belakang : Aktivitas belajar adalah proses pokok yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa, seperti halnya dalam proses belajar yaitu ada sejumlah masalah yang dihadapi di dunia pendidikan terutama untuk member motivasi kepada mahasiswa agar lebih berhasil dalam tingkat belajarnya.
Masalah penelitian : Adakah hubungan membaca Al-quran dengan motivasi -belajar mahasiswa
Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan membaca Al-quran dengan motivasi belajar mahasiswa tingkat II prodi DIII keperawatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa tingkat II prodi DIII Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa tingkat II di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur di yang berjumlah 83 mahasiswa yang diambil secara stratified random sampling dengan kriteria inklusi.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara membaca Al-quran dengan motivasi belajar mahasiswa tingkat II prodi DIII Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Kalmantan Timur. Hasil analisa uji chi-square diperoleh p = 0,677 > 0,005, hal ini menunjukkan bahwa membaca Al-quran tidak mempengaruhi motivasi belajar mahaiswa tingkat II Prodi DIII Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur