Show simple item record

dc.contributor.authorAnnisa, Raudhatul
dc.contributor.authorPurdani, Kartika Setia
dc.date.accessioned2019-04-22T08:50:14Z
dc.date.available2019-04-22T08:50:14Z
dc.date.issued2018-07
dc.identifier.citationAriyani, L. (2012). Faktor – faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja Perawat Di RSUD SANGATTA. Skripsi, tidak dipublikasikan, Samarinda, STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA Badeni, Prof.dr. (2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung:Alfabeta Dahlan, M. Sopiyudin. (2013). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Edisi 5 Cetakan Ketiga. Jakarta : Salemba Medika Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dina Belajar Siswa. Yogyakarta :Cv. Budi Utama Daryanti dan Amirono. (2016) . Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta : GAVA MEDIA Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Renika Cipta Donsu, Jenita doli tine. (2017).Psikologi Keperawatn. Yogyakarta : Pustaka Baru Press Hosnan, M (2016). Etika Profesi Pendidik . Bogor : Ghalia Indonesia PRESTASI, http://id.m.wikipedia.org>wiki>prestasi diakses tanggal 21 september 2017 Karunia, Firdaus (2016). Hubungan Antara Kecerdasaan Emosional dengan Tingkat Djatiwibowo Balikpapan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Samarinda. STIKES MUHAMMADIYA SAMARINDA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Kompetensi Dasar SMP/MTS Larangan bawa HP diyakini dapat tingkatkan fokus belajar 2017, www.suarantb.com/news/2017/03/24/27701/larangan.bawa.hp.diya kini.dapat.tingkatkan.fokus.belajar diperoleh tanggal 12 desember 2017 Leonardi. Kurniawati. (2013) . Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Yang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa Tingkat Fakultas. Jurnal Pendidikan , Surabaya , Universitas Airlangga. Megawati, Mentari. (2015) . Perbedaan Tingkat Stres dan Cara Mengatasi Stres dalam Aktifitas Belajar Antara Remaja Putra dan Remaja Putri kelas X Di SMAN 3 Samarinda. Skripsi, tidak di publikasikan, Samarinda, STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA Mulyana. (2010) . Rahasia Menjadi Guru Hebat . Surabaya : Grasindo Noor, Fazura Mohd. (2011). Faktor Pencetus Stres dalam Kalangan Guru- Guru , Kajian di Sekolah Rendah Mubaligh di Kuala Lumpur. Malaysia : Jurnal Open University Malaysia Notoatmodjo, Soekidjo (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta (2012). Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta Profesi yang rentan depresi, waspadai 2016, http://brihterlife.co.id diperoleh tanggal 30 oktober 2017 Puspita, Mangkunegara. (2015). Kecerdasan Emosi, Stres Kerja dan Kinerja Guru SMA. Jurnal Pendidikan. Tanggerang : Universitas Mercu Buana Rizal, Syamsul. (2015) . Stres Kerja dan Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. Aceh : Universitas Muhammadiyah Aceh Rizkiyani, Saragih. (2012). Stres dan Motivasi Kerja Pada Petugas Lembaga Permasyarakatan. Jurnal Manajemen. Bandung : Univeristas Kristen Maranatha. Samsul, Hariyanto. (2007). Kenapa Harus Stres. Jakarta : Bumi Aksara Sastromo & Ismael. (2008). Dasar-dasar metedologi penelitian klinis. (Edisi3). Jakarta : Penerbit Sagung Seto. Sumaah, Siti (2015) . Pengaruh Disiplin Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Negri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertanahan Kabupaten Kabumen. Skripsi , Semarang : Univeritas Negri Semarang Sunarto, (2008). Pengertian Prestasi Belajar online tersedia di: http://sunartombs.wordpress.com Surya. (2014). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta Thaib Eva. (2013). Hubungan Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Aceh: IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Turnbull, Jacquie .(2013). 9 Karakter Guru Efektif. ______ ; Esensi Utami, Puput (2016). Hubungan Kebiasaan Perineal Hygiene dengan Keluhan Keputihan pada Siswi Kelas X dan XI SMK Husada Prima. Proposal Penelitian : Tidak dipublikasikan. Samarinda : STIKES Muhamaadiyah Samarinda. Wahid. M Aditya (2016). Hubungan Kecerdasan Spritual dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Tingkat III Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda. Skripsi : Tidak dipublikasikan . Samarinda : STIKES Muhammadiyah Samarinda. Wangsa. (2009). Stres dan Depresi. Yogyakarta : Tugu Publisher. Wasis. (2008). Pedoman Riset Keperawatan untuk Profesi Perawat. Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC Waty,A .(2018) Analisis Penentuan Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Fisika XI SMAN 17 MAKASAR. Skripsi : Dipublikasikan. Makasar : UIN Alaudin Makasar Yenita, Riski (2017). Higiene Industri. Yogyakarta : Deepublish _____ (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan . ____ : PT. ImtimaUid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1174
dc.description.abstractLatar Belakang : Stres kerja merupakan tekanan yang terjadi dikarenakan adanya suatu ketidakseimbangan antara karakteristik karyawan dengan karakteristik aspek pekerjaannya pada semua kondisi pekerjaan diantaranya ialah profesi pada guru. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 24 Januari 2018 di SMPN 4 Samarinda dari hasil wawancara terhadap 5 orang guru, 3 diantaranya mengatakan stres kerja apabila nilai siswa dirapot/saat ulangan harian tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan atau sekolah tetapkan (nilai KKM). Hal itu terjadi karena saat melakukan ujian atau pun ujian ulang (remedial) nilai siswa malah semakin menurun. Dimana terdapat beberapa faktor yang menjadi pencetus stres kerja guru salah satunya ketidakpedulian siswa terhadap tugas sehingga nantinya akan mengakibatan pada tingkat prestasi akademik siswa tersebut yang berdampak pada nilai siswa tersebut apakah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan atau tidak. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi guru terhadap prestasi akademik dengan stress kerja pada guru di SMPN 4 Samarinda. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode correlation study, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel guru dengan menggunakan total sampling dan didapatkan responden 52 orang. Data ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan Chi square. Hasil dan Kesimpulan Penelitian : Berdasarkan hasil uji penggabungan sel menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara prestasi akademik siswa dengan stres kerja pada guru di SMPN 4 Samarinda. Dimana hasil menunjukan] nilai ρ=0,001 < ɑ=0,05H0 ditolak menyatakan terdapat hubungan antara persepsi guru terhadap prestasi akademik siswa dengan stres kerja guru SMPN 4 Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPrestasi Akademikid_ID
dc.subjectStres Kerjaid_ID
dc.subjectGuruid_ID
dc.titleHubungan antara Persepsi Guru terhadap Prestasi Akademik Siswa dengan Stres Kerja Guru di SMPN 4 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeCorrelation between Teachers Perception to Students Academic Achievement with Teachers Working Stress in State Junior High School 4 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record