Pengaruh Strategi Pemasaran dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Mandiri di Samarinda
Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Strategi Pemasaran dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Mandiri di Samarinda” Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Nasabah sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Strategi Pemasaran dan Bagi Hasil. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan bagi hasil terhadap keputusan nasabah menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri di Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada responden. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang menjadi nasabah yang masih aktif selama tiga bulan terakhir. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data diolah dengan bantuan softwarere SPSS versi 26. Pengujian yang dilakukan meliputi Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji regresi berganda, Uji Hipotesis dengan Uji Simultan (Uji F) dan Uji parsial (Uji t) serta Uji Koefisien Korelasi dan Determenasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan berdasarkan uji parsial (uji t) , variabel (X2) bagi hasil juga berpengaruh positif dan signifikan berdasarkan uji parsial (uji t) dan bahwa secara bersama-sama variabel strategi pemasaran dan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan nasabah dengan hasil uji simultan (uji F).