Show simple item record

dc.contributor.authorTRISNAWATI, TRISNAWATI
dc.date.accessioned2022-11-10T02:02:34Z
dc.date.available2022-11-10T02:02:34Z
dc.date.issued2022-06-30
dc.identifier.citationAng, J. S., Cole, R., & Lin, J. W. (2007). Agency costs and ownership structure. Corporate Governance and Corporate Finance: A European Perspective, LV(1), 111–131. https://doi.org/10.4324/9780203940136 Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan. www.idx.co.id. Choi,Y.M & Park,K. (2019). Foreign Ownership, Agency Costs, and Long-Term Firm Growth: Evidence from Korea Damayanti, N. P. D., & Dana, I. M. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur di BEI. E-Jurnal Manajemen UNUD, 6(10), 5775–5803. Eisenhardt, K. M. (1989). Agency theory: an assessment and review. Academy of Management Review, 14(1), 57-74. Fadhilah, F. N., & Syafruddin, M. (2013). Analisis pengaruh karakteristik corporate governance terhadap kemungkinan financial distress. Diponegoro Journal Of Accounting, 2(2), 1-15. Fachrudin, K. A. (2011). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Agency Cost Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 37–46. Florackis,C. & Ozkan,A. (2004) Agency costs and corporate governance mechanisms: Evidence for UK firms Fu’adah, Tsamrotul. (2013). Pengaruh Agency Cost Terhadap Kinerja Keuangan BUMN Di Bidang Pertambangan Industri Strategis, Energi Dan Telekomunikasi (PISET). Universitas Negeri Surabaya: Surabaya. Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Semarang: BPFE UNDIP Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hamida & Wicakson,(2017). The effect of firm performance,leverange,firm size,and firm growth on agency cost of trading campannyin Indonesia, Malaysia, and Thailnd. Hendrawaty, E. (2017). Excess cash dalam perspektif teori keagenan. Bandar Lampung : CV.Anugrah Utama Raharja. Imanuella, Intan. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Agency Cost sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Widya Warta No.1, halaman 57-70. Irwansyah., et al. 2020. Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek Indonesia. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI Jensen, Michael C dan Meckling. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(1), 305-360. Kaen, Fred R, & Bauman, Hans. (2003). Firm Size, Emplyees and Profitability in U.S Manufacturing Industries. Journal of Economic Literature. Kallapur, Sanjay dan Mark A, Trombley.” The Association Between Invesment Opportunity Set Proxies and Realized Growth”, Journals of Bussines & accounting, 2001. Nadia intan pertiwi.,et al. 2017. Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Agency Cost pada Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Periode 2012-2015. Jurnal Akuntansi Dan Pajak 18(2):196 Nurfitriana, Hardi dan Yuneita Anisma. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Aktivitas dan Laverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade di Bursa Efek Indonesia. Nurmalasari P & Maradesa D (2021). Pengaruh Agency Cost Terhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Muhammad., et.al (2021).Pengaruh Penerapan Mekanisme Good Corporat Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agency Cost. Jurnal Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Murdiansyah., et.al (2020). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Agency Cost Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di Bei. Pratiwi, N. I., Tandika, D., & Nurdin. (2017). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agency Cost pada Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2012-2015. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(2), 200–205. Riyanto, Bambang. (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE UGM. Safrida, Eli.(2008)Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI”, Universitas Sumatera Utara, Tesis, Medan. Safrida, E. (2014). “Profitabilitas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia”. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 2 No. 1, hlm : 289-299. Sartono RA.” Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi” Edisi:4, Yogyakarta:BPFE. Sriwardany.(2006) Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan terhadap Kebijakan Struktural Modal dan Dampaknya terhadap Perubahan Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Tbk”. Tesis, Universitas Sumatera Utara. Safrida, E. (2014). “Profitabilitas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia”. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 2 No. 1, hlm : 289-299. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarna, A, D. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Perusahaan”. Jurnal Benefita, Vol. 1 No. 1, hlm : 1-7. Wijayati, F. L. (2015). Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial , Kepemilikan Institusional , Ukuran Dewan Direksi , Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Biaya Keagenan. Jurnal EBBANK, 6(2), 1–16. Yandri Arviansyah (2013). Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaa Pada Perusahaa Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Indexid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2506
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap agency cost pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian ini adalah periode 2017-2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan data skunder berupa laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan farmasi dan Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda serta menggunakan perangkat lunak SPSS. Pertumbuhan perusahaan didapatkan dengan menghitung total asset tahun berjalan dikurangi total asset tahun sebelumnya dan dibagi total asset tahun sebelumnya. Ukuran perusahaan didapatkan dengan menghitung Logaritma Natural (LN) dikalikan dengan total asset perusahaan. Agency cost didapatkan dengan menghitung beban operasional dibagi total penjualan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifika terhadap agency cost, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap agency cost, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap agency cost.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectAgency Costid_ID
dc.subjectPertumbuhan Perusahaanid_ID
dc.subjectUkuran Perusahaanid_ID
dc.titlePENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGENCY COST PADA SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIAid_ID
dc.title.alternativeThe effect of firm growth and firm size on agency costs in pharmaceutical companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The period of this research is the period 2017-2021id_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record