dc.identifier.citation | Alfazr, A.S., Gusrayani, D., dan Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111–120. Almukarram, S. Ali, M., dan Apriana, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(1), 8–14. Andriani. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150. Andriliani, S., Maskun, dan Basri, M. (2015). Pengaruh Model Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sman 1 Way Jepara. Jurnal PESAGI (Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 3(4). Ayu, N. M.S., dan Aritonang, R. (2019). Metode Kooperatif Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 9(1), 1084–1096. Dikti. (2014). Buku panduan kurikulum pendidikan tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Dikti Kemendikbud. Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(01), 31–52. Florentina, N. dan L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Promatif, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877 Garcha, Pargat Singh & Kumar, K. (2015). Effectiveness of Cooperative Learning on Critical Thinking Dispositions of Secondary School Students. Issues and Ideas in Education, 3(1), 55–62. https://doi.org/10. 15415/iie.2015.31005 Jumarniati dan Ekawati, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pedagogy, 2(2), 141–152. Kamriana dan Nasrianty. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Biologi STKIP PI Makassar. Jurnal Saintifik, 5(1), 20–26. Katili, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika di KelasX SMK Negeri 1 Batudaa. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 220–225. Khalistyawati, M. dan, & Muhyadi. (2018). Pengaruh Model STAD dan Jiugsaw Terhadap Karakter Kerja Sama. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 187–205. Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175–179. Kurniawati, R., Riyadi, R., & Sujadi, I. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Jigsaw Berbantu Media Flash Padamateri Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Xi Smk Di Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 7(1), 46–57. https://doi.org/10.20961/jmme.v7i1.20244 Kusuma, R. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penegtahuan dan Sikap Mahasiswa Dalam Manajemen Asfiksia Bayi Baru Lahir. Jurnal Ilmu Kebidanan, 1(1), 87–96. Novia, T.R dan Kusumo, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2), 1093–1102. Pakhrurrozi, I., Sujadi, I., dan Pramudya, I. (2017). Effectiveness of Jigsaw-Flash Learning Model in Geometry Material. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 190–197. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16708. Setiawan, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(1), 70–81. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.281 Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Bandung. Nusa Media. Suprihatin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 105–116. Susanti, E., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Machmudah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Sisiwa SDN Margorejo VI Surabaya Melalui Model Jigsaw. Jurnal Bioedusiana, 4(1), 55–64. Sutiman, Wiyarsi, A., dan Priyambodo, E. (2014). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 51–64. https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3892 Wati, M. dan Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme. v2i1.3976 Zahara, L. (2012). Pembelajaran Fisika Melalui Tipe STAD dan Jigsaw II Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Orientasi Keperibadian Siswa. Jurnal EducatiO, 7(1), 75–91. | id_ID |