Analisis Pengaruh Return on Investment Dan Gross Domestic Product Terhadap Initial Public Offering Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh return on investment dan gross domestic product terhadap initial public offering pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Periode yang digunakan dalam penelitian adalah tahun 2019. Populasi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yaitu data cross section dengan program pengolahan data statistic E-Views. Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial return on investment tidak berpengaruh signifikan terhadap initial public offering, adapun gross domestic product secara parsial berpengaruh signifikan terhadap initial public offering, secara simultan return on investment dan gross domestic product variabel independen berpengaruh signifikan terhadap initial public offering. Hal ini menjelaskan pengaruh secara keseluruhan yang mempengaruhi initial public offering. Oleh karena itu, emiten dalam melakukan keputusan perusahaan go public tidak hanya melihat pengaruh dari satu variabel tetapi melihat pengaruh dari beberapa variabel sekaligus dalam memutuskannya.