ANALISIS PENGARUH LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA SUB SEKTOR KOSMETIK DAN PERALATAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh rasio leverage dan
pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan subsektor
kosmetik dan pelatan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun
2012-2018. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan data kuantitatif. Populasi yang
digunakan adalah perusahaan pada subsektor kosmetik yang terdaftar di bursa
efek indonesia. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya sampel penelitian
adalah lima perusahaan subsektor kosmetik dan peralatan rumah tangga yang
terdaftar di bursa efek indonesia selama delapan tahun (2012-2018). Adapun data
sekunder yang diambil dari laporan keuangan laba rugi yang diperoleh dari situs
www.idx.co.id serta situs resmi dari perusahaan yang bersangkutan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan secara parsial tidak
berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas, sedangkan Secara simultan leverage
dan Pertumbuhan Penjualan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Profitabilitas. Nilai R Square adalah 36,1% yang berarti Profitabilitas dapat
dijelaskan oleh variabel independen (leverage dan pertumbuhan penjualan).
Sedangkan sisanya 63,9% dijelaskan oleh variabel lain.