dc.description.abstract | Penelitian ini menguji pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan.
Analisis ini menggunakan variabel independen (X) yaitu Kualitas Produk dan (Y)
Kepuasan Pelanggan. Objek penelitian adalah kartu Telkomsel pada mahasiswa S1
Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Populasi pada objek
tidak diketahui dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability
sampling. Sampel ditentukan menggunakan rumus Hair, sampel diambil
menggunakan teknik purposive sampling, dengan pengumpulan data menggunakan
kuesioner dibagikan melalui google form yang akan disusun dengan menggunakan
pengskalaan likert (likert scale). Teknik analisis yang digunakan adalah (uji validitas
dan uji reliabilitas) dan uji hipotesis (analisa regresi linear sederhana), uji t dan
koenfisien determinan R. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana
dengan menggunakan software SPSS. Data responden yang berupa kuesioner
kemudian di analisis menggunakan SPSS versi 22. Hasil regresi sederhana diketahui
nilai uji t berpengaruh signifikan kualitas produk (X) terhadap kepuasan pelanggan
(Y) adalah sebesar 0.000 dengan nilai t hitung sebesar 10,497 dengan signifikan
0,000, maka karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan koefisien
regresi mempunyai nilai yang positif terhadap kualitas produk sebesar 0,485, maka
hipotesis dapat menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap
kepuasan pelanggan pada kartu Telkomsel pada mahasiswa prodi S1 Manajemen
Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Nilai koefisien determinasi R
sebesar 0,532, artinya bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas produk
sebesar 52% sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
termasuk dalam penelitian ini. | id_ID |