Show simple item record

dc.contributor.authorYOLANDA, RINI
dc.date.accessioned2024-02-22T02:27:26Z
dc.date.available2024-02-22T02:27:26Z
dc.date.issued2023-01-19
dc.identifier.citationAkbar, R.N., Arifin, Z., Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30, (1). Akhmad, A.D., Mukaromah, S., Adliani, N., Sukasno. (2019). Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek terhadap Pekerjaan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarami. Jurnal Farmasi Malahayati, 2, (1). Amaliah, R. (2017). Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 8, (1), 11-17. Ariani, A. P. (2014). Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Nuha Medika Basuki, H. (2020). Hubungan Antara Usia, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pendapatan dengan Literasi Keuangan Pelaku Usaha Burjo di Kawasan Universitas Negeri Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang. Bheben, Oscar, S.M.B., MM, Diah, Sumirah. (2019). Pengaruh Grooming pada Customer Relations Coordinator (CRC) terhadap Kepuasan Konsumen di PT Astra International TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur Bandung. Journal Bisnis dan Pemasaran, 1 (9), 3. Bogadenta, A. (2012). Manajemen Pengelolaan Apotek. Yogyakarta : D-Medika. Bupu, M.S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Karya Tulis Ilmiah, Poltekkes Kemenkes Kupang, Kupang. Daryanto, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Gava Media Depkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek.Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Dewi, P. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Kerja dengan Kualitas Pelayanan pada Karyawan Bagian Tata Usaha di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto Donni, J.P. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung : CV Pustaka Setia Edi, S. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap PT. Bona Trans Persada (dalam Pelayanan Jasa Pengangkutan Laut). Medan : Universitas Sumatera Utara Endang, N.D.H. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep di Apotek Junrejo Batu. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Eva, C. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Mengenai Obat Tradisional dan Obat Modern terhadap Tindakan Pemilihan Obat pada Pengobatan Mandiri di Kalangan Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Yogyakarta Febriani, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Koran Harian Fajar di Kota Makassar. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar. Firmansyah, M., Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta : CV Budi Utama. Hajijah. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Rienka Cipta Halim, S. V., Prayitno S, A. A., dan Wibowo, Y. I. (2018). Profil Swamedikasi Analgesik di Masyarakat Surabaya Jawa Timur. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, 16, (1), 87 Hidayati, A., Dania, H., Puspitasari, M.D. (2017). Tingkat Pengetahuan Penggunaan Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas Untuk Swamedikasi Pada Masyarakat RW 8 Morobangun Jogotirto Berbah Sleman Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manuntung, 3, (2), 139 Kotler, P. And Keller, K.L. (2016). Marketing Management. 15th Edition : New Jersey : Pearson Prentice Hall, Inc. Lestari, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang. Skripsi, UIN raden Fatah Palembang, Palembang. Lestari, N.I. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep di Apotek NH Farma Kecamatan Arut Selatan. Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika, Pangkalan Bun. Manan, L. (2014). Buku Pintar Swamedikasi. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Saufa Menteri Kesehatan RI. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta : Menteri Kesehatan Indonesia Menteri Kesehatan RI. (2017). Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Apotek. Jakarta : Menteri Kesehatan Indonesia. Menteri Kesehatan RI Nomor 72. (2016). Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta : Kemenkes Nisa, Z., Sugihantoro, H., Syahrir, A., Wijaya, D. (2021). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. Journal Islamic Pharm, 6, (1), 52-65). Noor, F.V. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Bengkulu. Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta : PT Rineka Cipta Restiyono, A. (2016). Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Swamedikasi Antibiotik pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 11, (1), 5 Rusli, Z., Afni, A., Harapan, T.R.F.S. (2017). Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12, (2), 356-363. Sonang, S.S., Purba, A.T., Pardede, F.O.I. (2019). Pengelompokan Jumlah Penduduk Berdasarkan Kategori Usia Dengan Metode k-Means. Jurnal Teknikom, 2, (2). Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuesioner & Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CAPS. Supardi S, & Surahman. (2014). Metodologi Penelitian untuk Mahasiswa Farmasi. Jakarta : Trans Info Media Supranto. (2012). Metode Riset, Cetakan Kedua. Jakarta : Rineka Cipta Syahputra, M.A. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Lariz Depari Medan. Skripsi, Universitas Medan Area, Medan. Talinati. (2017). Survey Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Oesao Periode Juni-Juli 2016. Karya Tulis Ilmiah, Poltekkes Kemenkes Kupang, Kupang. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset Tjiptono, F., & Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset Usfa, J.A. (2017). Pengaruh Kualitas Pembelian Obat dan Pemilihan Lokasi Terhadap Minat Pembeli Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, Universitas Islam negeri Raden Intan Lampung, Lampung. Wiwin, A. (2016). Penilaian Terhadap Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek-Apotek di Kota Ketapang Tahun 2016. Naskah Publikasi, Universitas Tanjungpura, Pontianak. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7, (1), 18-19 Zahra, R.R., Rina, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. Jurnal Lontar, 6, (10), 49-50.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3838
dc.description.abstractLatar Belakang: Apotek merupakan suatu tempat dilaksanakannya pekerjaan kefarmasian dan pendistribusian perbekalan kesehatan khususnya sediaan farmasi, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan obat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Kepuasan Konsumen dapat mempengaruhi minat untuk kembali ke Apotek yang sama. Kepuasan konsumen merupakan penilaian baik atau buruknya pelayanan kefarmasian yang diterima konsumen. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan swamedikasi terhadap tingkat kepuasan di Apotek Kecamatan Tenggarong. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan di 10 Apotek yang memberikan izin di Apotek Kecamatan Tenggarong dengan jumlah sampel 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kualitas pelayanan swamedikasi terhadap tingkat kepuasan konsumen. Hasil: Hasil Fhitung pada penelitian ini menunjukkan nilai sebesar 191,299, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan besar pengaruh sebesar 66,1%. Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan swamedikasi terhadap tingkat kepuasan konsumen.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectApotekid_ID
dc.subjectSwamedikasiid_ID
dc.subjectKualitasid_ID
dc.subjectKepuasanid_ID
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN SWAMEDIKASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK KECAMATAN TENGGARONGid_ID
dc.title.alternativeThe Influence of Self-Medication Service Quality on Consumer Satisfaction Levels at the Tenggarong District Dispensaryid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record