dc.description.abstract | Rumah sakit merupakan salah satu industri jasa kesehatan yang semula hanya melaksanakan kegiatan
penyembuhan serta pemulihan saja, tetapi dengan asertaya perkembangan ilmu pengetahuan serta
teknologi, juga melaksanakan upaya peningkatan pelayanan. Dengan memberikan respon (daya
tanggap) serta empati yang tinggi kepada pasien, tentunya hal ini dapat menimbulkan kepuasan kepada
setiap pasien. Tingkat kepuasan rata-rata pasien yaitu dengan catatan tata cara penyelenggaraannya
sesuai dengan str serta kode etik yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk
mengukur seberapa besar pengaruh responsivenees karyawan terhadap kepuasan pasien pada Rumah
sakit Aisyiyah Kota Samarinda. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
penelitiannya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan
pasien perempuan rumah sakit Aisyiyah Kota Samarinda yang berjumlah 100 orang serta dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan perhitungan Cochran. Teknik analisis data
yang digunakan pada penelitian ini merupakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif serta signifikan antara Responsiveness
(Daya Tanggap) Karyawan (X) serta Kepuasam Pasien (Y) Pada Rumah Sakit Aisyiyah Kota
Samarinda. Responsiveness (Daya Tanggap) Karyawan (X) secara simultan memiliki tingkat hubungan
yang kuat terhadap Kepuasam Pasien (Y) yaitu dengan nilai korelasi R ,0.325 yang berada di antara
0,25 – 0,5. Serta uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 6,876 ttabel 1,660 atau
signifikansi 0,000 0,050 maka Ho ditolak serta Ha diterima. | id_ID |