• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Facultyof Agricultureand Digital Business
  • S1 Agribusiness
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Facultyof Agricultureand Digital Business
  • S1 Agribusiness
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

DISTRIBUSI PEMASARAN BUAH SEMANGKA (Citrullus lanatus) DI DESA PADANG PENGRAPAT KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER

Thumbnail
View/Open
COVER (1.117Mb)
BAB I (496.0Kb)
BAB II (598.6Kb)
BAB III (807.7Kb)
BAB IV (333.7Kb)
DAFTAR PUSTAKA (442.6Kb)
LAMPIRAN (2.168Mb)
SKRIPSI (3.433Mb)
Date
2024-07-13
Author
Andayani, Astuti
Metadata
Show full item record
Abstract
ASTUTI ANDAYANI “Distribusi Pemasaran Buah Semangka (Citrullus lanatus) Di Desa Padang Pengrapat Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser (Studi Kasus Kebun Semangka Milik Bapak Syaifun Nuha)” Dibawah Bimbingan Ibu Ilma Elpandari, S.P, M.P Penelitian ini bertujuan guna 1) untuk mengetahui pola saluran pemasaran semangka pada Pak Syaifun Nuha 2) untuk mengetahui margin pemasaran semangka pada Pak Syaifun Nuha, 3) untuk mengetahui berapa besar efisiensi usaha buah semangka milik bapak Syaifun Nuha. Purposive sampling digunakan untuk memilih lokasi tujuan penelitian ini, yaitu kebun semangka milik Bapak Syaifun Nuha di Desa Padang Pengrapat, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Selain itu, peneliti dalam penelitian ini memilih sampel lembaga pemasaran dengan menggunakan pendekatan Snowball sampling. Data primer dan sekunder digunakan. Hasil penelitian ini terdapat 3 (tiga) saluran pemasaran buah semangka yaitu saluran pemasaran I Produsen – Konsumen, saluran pemasaran II Produsen - Pedagang Pengecer - Konsumen, dan Saluran Pemasaran III Produsen - Pedagang Pengepul – Pedagang Pengecer – Konsumen. Berdasarkan keseluruhan margin pemasaran, saluran pemasaran III mempunyai margin paling besar yaitu Rp 6.000. Saluran pemasaran I tidak mempunyai margin karena tidak melibatkan lembaga pemasaran. Pada saluran pemasaran II terdapat margin sebesar Rp 1.000. Saluran pemasaran I mempunyai tingkat efisiensi pemasaran sebesar 100%, saluran II mempunyai tingkat efisiensi pemasaran sebesar 4,79%, dan saluran III mempunyai tingkat efisiensi pemasaran sebesar 2,60%.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4679
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback