Show simple item record

dc.contributor.authorNur Rohmah, Syifa
dc.date.accessioned2025-04-09T06:40:25Z
dc.date.available2025-04-09T06:40:25Z
dc.date.issued2024-03-21
dc.identifier.citationAmelia, S., Harahap, R. S. P., & Nasution, M. L. I. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Jamur Tiram Putih/Pleurotus Ostreatus (Studi Kasus: Nasabah Pembiayaan pada BSI di Kabupaten Langkat). Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 86–96. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=RCwSpzcAA AAJ&pagesize=100&citation_for_view=RCwSpzcAAAAJ:4DMP91E08xMC Budiarti, E. I. (2023). Penggunaan Metode Balanced Scorecard Dan Analisis Swot Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan Pada Hotel Parapat View Di Masa Pandemi Periode 2019–2021. Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. David, F. R. (2016). Manajemen Strategik – Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (Edisi 15). Dewi, D. A. (2023). Analisis strategi pengembangan usaha jamur tiram pada cv. ganesha mycosoft, kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55372%0Ahttp://repository.uinjkt .ac.id/dspace/bitstream/123456789/55372/1/DINA ANGGRAENI DEWI-FST.pdf Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075 Farida Yulianti, dkk. (2019). Manajemen Pemasaran. CV BUDI UTAMA. file:///C:/Users/USER/Downloads/rujukan 14 yulianti farida.pdf Fitriana, E. (2023). STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) (Studi Kasus: Usaha Jamur Tiram Kus Mushroom, di Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah). Universitas Lampung. Fitriana, E., Suroso, E., Nur, M., & Al-rasyid, H. (2023). STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM ( Pleurotus Ostreatus ) ( Studi Kasus : Usaha Jamur Tiram Kus Mushroom di Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah ). 2(2), 326–340. Kurniawan, I. (2021). IFAS-EFAS untuk Strategy Planning. BINUS Higher Education. https://sis.binus.ac.id/2021/02/05/ifas-efas-untuk-strategy-planning/ Lidyana, N. (2022). Strategi Pemasaran Jamur Tiram Di Kabupaten Probolinggo. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 14(2), 10–20. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v14i2.1806 Mundiyah, A. I., Septiadi, D., Nabila, S., Sari, N. M. W., & Zeamita, N. M. (2020). Rebranding Produk Keripik Jamur Tiram Untuk Peningkatan Penjualan Pada Umkm Sporamushroom. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(1), 77–83. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i1.549 Noviarny Anggasta Lara Sumarlan, dkk. (2015). Di Kota Medan. Strategi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Sp), 2(2), 53–59. Nuraini, U., & Sukardi, L. (2021). Marketing Strategy of Oyster Mushrooms in Mataram City. Agroteksos, 31(1), 44–62. Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787 Rosmiah, R., Aminah, I. S., Hawalid, H., & Dasir, D. (2020). BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pluoretus ostreatus) SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN GIZI DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA. Altifani: International Journal of Community Engagement, 1(1), 31–35. https://doi.org/10.32502/altifani.v1i1.3008 Sasria, N., Hayati, R. N., & Amalia, L. (2021). Budidaya Jamur Tiram Putih (Pluoretus 26 ostreatus) untuk Meningkatkan Kompetensi Petani Jamur Tiram di Wilayah Karang Joang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–5. https://www.journal.itk.ac.id/index.php/sepakat Sukanteri, N. P. (2020). Manajamen Pengendalian Mutu dalam Produksi Agribisnis pada Kelompok Wanita Tani Ayu Tangkas. Jurnal Galung Tropika, 9(3), 209–222. http://dx.doi.org/10.31850/jgt.v9i3.626 Susilawati, & Syahnaz, E. (2020). Peningkatan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Studi Kasus) Di Desa Bekut. Jurnal Social Economic of Agriculture, 9(2), 113. https://doi.org/10.26418/j.sea.v9i2.41842 Syafri Fadillah Marpaung. (2021). SOSIOLOGI EKONOMI SUATU PENGANTAR MANAJEMEN BISNIS. Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT). Umi Dwi Astutir, Lestaria, I. (2019). Dampak Pemasaran Online Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Tidar Magelang. Jurnal Online Mahasiswa Manajemen, 1(1). Wijayati, H. (2019). Panduan Analisis SWOT untuk Kesuksesan Bisnis (p. 254). Yuliana, D., Rochdiani, D., & Kurniawati, T. (2022). STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM PUTIH ( Pluerotus Ostreatus ) ( Studi Kasus pada Home Industry Ustadz Jamur Desa Sidamulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap ) Marketing Strategy of White Oyster Mushroom ( Pluerotus Ostreatus ) Case ( Study on Home Indus. 268–277.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4692
dc.description.abstractTujuan penelitian ini guna (1) Mengetahui faktor internal dan eksternal yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan (2) Menentukan strategi yang tepat diterapkan dalam meningkatkan pemasaran Usaha Jamur Tiram Trubus Sentra Agrobisnis. Dengan menggunakan matriks IFE, EFE, dan SWOT, dan Posisi Strategi penelitian ini memadukan metode kuantitatif dan kualitatif. Dari temuan penelitian diketahui faktor internal yang mempengaruhi pemasaran jamur tiram yaitu kekuatannya; produksi jamur berkualitas, kontinuitas produksi, harga stabil, ketersediaan modal cukup, memiliki kendaraan pemasaran dan kelemahannya; kualitas jamur tiram tidak tahan, kurangnya SDA pembuatan jamur, kurangnya SDM pemasaran, letak usaha kurang strategis, kurangnya promosi produk. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran jamur tiram yaitu peluangnya; permintaan pasar terus ada, perkembangan pasar online dan modern, luasnya pangsa, dapat dikonsumsi segala usia, pengembangan produk menjadi bebagai olahan dan ancamannya; pengetahuan masyarakat minim tentang manfaat jamur tiram, adanya produk subtitusi/pengganti, daya beli masyarakat yang kurang, pengaruh pergantian musim/cuaca yang tidak menentu, perubahan selera konsumen. Alternatif strategi SWOT yang bisa diaplikasikan yaitu strategi SO (1) Meningkatkan kapasitas produksi yang diiringi dengan pengembangan pasar yang lebih luas (2) Diversifikasi produk dan Digital Marketing.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectStrategi Pemasaranid_ID
dc.subjectJamur Tiramid_ID
dc.subjectAnalisis SWOTid_ID
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM TRUBUS SENTRA AGROBISNISid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record