Hubungan Penggunaan Aplikasi Tiktok dengan Harga Diri pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Tiktok adalah aplikasi yang sedang populer saat ini, yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri di media sosial. Ekspresi diri dapat dilakukan dalam berbagai cara, seperti membuat video yang menonjolkan kreativitas, keunikan dan keberagaman yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pada remaja. Harga diri yang diperoleh seseorang tergantung pada pengakuan dan penilaian yang didapatkan dari gambaran yang dibagikan ke tiktok. Remaja mengunggah kegiatan di aplikasi tiktok dengan harapan menerima tanggapan positif, rasa dihormati seseorang, kemudian individu secara psikologis memandang dirinya disenangi, mampu, berharga, dan diterima oleh orang lain.
Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan penggunaan aplikasi tiktok dengan harga pada remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh remaja kelas sepuluh di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Sampel ini didapatkan dengan metode random sampling dengan total sampel berjumlah 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) dan Kuesioner Penggunaan Aplikasi Tiktok. Uji Statistik dalam penelitian ini menggunakan uji Chi- Square.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (86,7%), berumur 16 tahun (57,5%), jurusan teknik alat berat 1 (21,7%) dan memiliki uang saku 15.000-25.000 (77,5%). Siswa remaja yang memiliki penggunaan aplikasi tiktok baik (53,3%) dan harga diri tinggi (64,2%) dengan Odd Rasio 3.836. Hasil perhitungan variabel Chi-Square didapatkan P-Value < a (0,001<0,05) sehingga dinyatakan Ha diterima.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang terjadi antara penggunaan aplikasi tiktok dengan harga diri remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.

