Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi TikTok dengan Kepercayaan Diri Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda
Abstract
Latar Belakang : Kian meningkatnya remaja yang menggunakan aplikasi TikTok tentu akan berdampak pada kepercayaan diri yang merupakan perkembangan remaja. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan kepercayaan diri remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Metode : cross-sectional merupakan pendekatan yang dipakai dalam penelitian kuantitatif ini. Dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak kriteria sampel yang ditetapkan dalam pengumpulan data. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Hasil : Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan Chi-Square diperoleh nilai signifikan 0,024 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan kepercayaan diri remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 samarinda. Saran : Diharapkan peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan alat ukur yang lainnya.

