• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pelatihan Peer Educator Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Edukasi Terkait Triad Kesehatan Reproduksi Remaja pada Kader Kesehatan di SMAN 11 Samarinda

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI (3.491Mb)
COVER (648.0Kb)
BAB I PENDAHULUAN (221.8Kb)
BAB II METODE PENELITIAN (368.3Kb)
BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN (419.6Kb)
BAB IV PENUTUP (192.9Kb)
DAFTAR PUSTAKA (201.5Kb)
LAMPIRAN (2.351Mb)
Date
2025-01-23
Author
Saputri, Della
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang: Kesehatan reproduksi remaja merupakan isu penting yang memerlukan perhatian khusus untuk kualitas hidup dan perkembangan remaja. Tingginya angka masalah kesehatan di kalangan remaja seperti seksualitas, HIV/AIDS, dan napza menyoroti perlunya intervensi pendidikan yang efektif. Pelatihan peer educator diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan remaja dalam mengelola kesehatan reproduksinya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan peer educator dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kesehatan reproduksi di kalangan remaja, serta membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan kontrol. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima pelatihan peer educator dan kelompok kontrol yang tidak menerima intervensi apa pun. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil: Temuan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (nilai-p < 0,05) untuk pengetahuan pada kelompok eksperimen, yang menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah pelatihan. Nilai p untuk variabel pengetahuan adalah 0,000 (nilai p < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pelatihan peer educator terkait kesehatan reproduksi di SMAN 11 Samarinda. Namun, untuk variabel keterampilan pada kelompok eksperimen tidak menunjukan perbedaan signifikan dengan p-value 1,000 (p > 0,05), sementara kelompok kontrol menunjukan perbedaan signifikan dengan p-value 0,000 (p < 0,05) Kesimpulan: Pelatihan peer educator terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Intervensi ini dapat menjadi model yang bermanfaat untuk program pendidikan kesehatan di kalangan remaja. Diperlukan upaya berkelanjutan untuk memperluas jangkauan dan dampak program ini.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4948
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback