PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP SELF- REGULATED LEARNING SISWA DI MTS AL-AMIN SEBULU
Abstract
Guru merupakan komponen yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Dengan adanya kinerja guru yang baik diharapkan mampu menciptakan siswa/i yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah kinerja guru mempengaruhi self-regulated learning siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini yakni siswa/i Mts Al-Amin berjumlah 107 orang dengan subjek siswa/i kelas 8-9 Mts
Al-Amin yang berjumlah 65 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat adanya pengaruh pada kinerja guru terhadap self-regulated learning siswa di Mts Al-Amin. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kinerja guru terhadap self-regulated learning siswa di Mts Al-amin. Dapat diketahui nilai R Square yakni sebesar 2,01%. Implementasi dari pengaruh kinerja guru terhadap self-regulated learning siswa ialah dengan perencanaan pengajaran oleh guru, penyampaian materi, evaluasi dan umpan balik, tindak lanjut pembelajaran, lingkungan pembelajaran yang mendukung serta motivasi dari guru.

