PENGARUH IKLIM SEKOLAH BERDASARKAN DIMENSI LINGKUNGAN FISIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 BALIKPAPAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah berdasarkan dimensi lingkungan fisik terhadap motivasi belajar pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan yang berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, di mana seluruh populasi diambil sebagai sampel karena jumlahnya yang relatif kecil. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei menggunakan kuesioner
dalam bentuk skala Likert, yang disebarkan secara langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu skala iklim sekolah yang diadaptasi dari studi Hamidah (2020) dan skala motivasi belajar dari Hermawan (2019). Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh nilai signifikansi p-value sebesar 0,000 < 0,05 dengan F hitung sebesar 15,982, menunjukkan bahwa iklim sekolah berdasarkan dimensi lingkungan fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Nilai R square sebesar 0,208 menunjukkan bahwa variabel iklim sekolah berdasarkan dimensi lingkungan fisik memengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 20,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Implementasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas lingkungan fisik sekolah melalui penyediaan fasilitas yang lebih baik seperti meja, kursi, dan laboratorium, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mendukung, yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta hasil akademik mereka.

