• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Psychology
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Psychology
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH IKLIM SEKOLAH BERDASARKAN DIMENSI LINGKUNGAN FISIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 BALIKPAPAN

Thumbnail
View/Open
COVER (942.0Kb)
BAB I (259.5Kb)
BAB II (338.1Kb)
BAB III (478.1Kb)
BAB IV (157.6Kb)
DAFTAR PUSTAKA (263.4Kb)
LAMPIRAN (2.181Mb)
SKRIPSI (3.306Mb)
Date
2025-02-04
Author
Izzah, Nurul
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah berdasarkan dimensi lingkungan fisik terhadap motivasi belajar pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan yang berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, di mana seluruh populasi diambil sebagai sampel karena jumlahnya yang relatif kecil. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert, yang disebarkan secara langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu skala iklim sekolah yang diadaptasi dari studi Hamidah (2020) dan skala motivasi belajar dari Hermawan (2019). Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh nilai signifikansi p-value sebesar 0,000 < 0,05 dengan F hitung sebesar 15,982, menunjukkan bahwa iklim sekolah berdasarkan dimensi lingkungan fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Nilai R square sebesar 0,208 menunjukkan bahwa variabel iklim sekolah berdasarkan dimensi lingkungan fisik memengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 20,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Implementasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas lingkungan fisik sekolah melalui penyediaan fasilitas yang lebih baik seperti meja, kursi, dan laboratorium, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mendukung, yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta hasil akademik mereka.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5063
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback