PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PENAJAM PASER UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Penajam Paser Utara. Latar belakang penelitian menekankan pentingnya motivasi belajar pada siswa sebagai faktor yang
mempengaruhi disiplin belajar siswa sehingga siswa dapat mempertanggung jawabkan peran mereka sebagai seorang siswa agar dapat membawa perubahan pada diri siswa, seperti pengetahuan, sikap belajar di rumah ataupun di sekolah. Melalui pengumpulan data dengan metode kuesioner kepada 194 siswa, analisis regresi sederhana dilakukan untuk melihat hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh sebesar 35,2% terhadap disiplin belajar, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan keluarga dan sekolah. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula tingkat disiplin mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan strategi pengajaran yang lebih efektif di sekolah dengan tujuan meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa.

