Hubungan Strategi Regulasi Emosi dengan Tingkat Resiliensi pada Mahasiswa Semester Akhir
Abstract
Mahasiswa semester akhir adalah mahasiswa yang sedang berada dalam proses penyelesaian tugas akhir. Fase ini dapat dikaitkan dengan fase yang penuh permasalahan dan tekanan. Kondisi tertekan dan stres yang dapat dimulai dari tugas akademik hingga permasalahan non-akademik lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah regulasi emosi dan tingkat resiliensi saling berhubungan satu sama lain. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir yang berkuliah di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan sedang mengambil mata kuliah skripsi. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Emotion regulation scale (Gross, 2002), dan Resilience scale (Connor & Davidson, 2003). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment dengan menggunakan SPSS Statistics Ver.26. Hasil dari penelitian ini menunjukan sig sebesra 0,000 (p < 0,05) yang berarti terdapat hubungan yang signigikan antara regulasi emosi dengan tingkat resiliensi pada mahasiswa semester akhir di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

