PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI ONLINE SHOP PADA WANITA GENERASI Z DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) terhadap perilaku konsumtif di online shop pada wanita generasi Z di Kota Samarinda. FoMO ialah suatu perasaan ingin selalu terhubung dengan orang lain dan takut tertinggal jika orang lain memiliki sesuatu yang lebih menyenangkan. Perilaku konsumtif ialah suatu kecenderungan seseorang untuk membeli ataupun menggunakan barang secara berlebihan dan tidak terkendali serta tidak berdasarkan pada pemikiran yang masuk akal yang mana pembeli lebih mendahulukan keinginan dibandingkan dengan kebutuhan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah wanita generasi Z
(1995 – 2010) di kota Samarinda yang berjumlah 113 orang dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan dua skala yaitu, skala FoMO (Fear of Missing Out) dan skala perilaku konsumtif. Teknik yang digunakan untuk menganalisa data adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai signifikansi 0.000 <
0.05. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) terhadap perilaku konsumtif di online shop pada wanita generasi Z di kota Samarinda.

