Show simple item record

dc.contributor.authorRahmah, Desy
dc.date.accessioned2025-10-30T06:16:40Z
dc.date.available2025-10-30T06:16:40Z
dc.date.issued2025-01-17
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5257
dc.description.abstractKerusakan pada batang diagonal dapat mempengaruhi struktur baja dan pelat lantai jembatan. Kerusakan tersebut menjadi tantangan serius, karena dapat berpotensi mengurangi kekuatan dan stabilitas struktur jembatan secara keseluruhan. Dalam kasus ini, Diperlukan analisis mendalam untuk memahami perilaku pelat lantai perbaikan dan penggunaan software SAP2000 dan Tekla Structure untuk memvisualisasikan gambaran yang lebih realistis mengenai kondisi jembatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pergantian rangka utama terhadap perilaku pelat lantai dan nilai shell stress pada jembatan sehat, jembatan tidak sehat, dan jembatan perbaikan dengan menggunakan kabel prategang. Beban yang dianalisis adalah beban mati. Hasil analisa tegangan pada Jembatan sehat menunjukkan nilai pada Smaxtop sebesat 3298,04 kN/m2 dan Smaxbot sebesar -2832,858 kN/m2. Setelah perbaikan pada batang tekan dengan penambahan kabel strand nilai Smaxbot menjadi -20473,5 kN/m2 lebih besar dari jembatan sehat, namun masih aman karna belum melebihi kapasitan tekan beton sebesar 30,000kN/m2. Sedangkan, Smaxbot menjadi sebesar 17412,66 lebih besar dari jembatan sehat dan melebihi kapaitas tarik beton sebesar 3,070 kN/m2. Pada perbaikan batang tekan didapatkan nilai Smaxtop sebesar -15025,5 kN/m2, nilai ini masih aman dibawah kapasitas tekan beton sebesar 30,000mPa. Sedangkan nilai Smaxbot, didapatkan sebesar 14905,15 kN/m2 nilai ini jauh lebih besar dari kapasitas tarik beton sebesar 3070 kN/m2, sehingga beton beresiko retak atau gagal pada bagian bawah pelat lantai akibat tegangan tarik yang tinggi. Visualisasi menggunakan Bridge Information Modeling (BrIM) memudahkan identifikasi masalah, mengoptimalkan desain, dan mempercepat pengambilan keputusan selama proses perbaikan. Metode ini diharapkan dapat diterapkan pada proyek jembatan serupa untuk meningkatkan keberlanjutan dan ketahanan infrastruktur.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectJembatan rangka bajaid_ID
dc.subjectPerbaikanid_ID
dc.subjectPelat lantaiid_ID
dc.subjectAnalisa teganganid_ID
dc.titleAnalisa Perilaku Pelat Lantai Jembatan terhadap Metode Penggantian Rangka Utama Jembatan Bajaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record