Show simple item record

dc.contributor.authorAzzahra, Rafidah
dc.contributor.authorPitoyo
dc.date.accessioned2022-03-22T04:00:30Z
dc.date.available2022-03-22T04:00:30Z
dc.date.issued2021-07-05
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2193
dc.description.abstractJalan ialah sarana angkutan darat yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi yang dikembangkan dengan pembangunan antar daerah yang merata agar tercapainya keseimbangan. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan mobilitas penduduk akan meningkat mengakibatkan berkurangnya kualitas jalan. Faktor penyebabnya karena mobilitas barang dan jasa semakin meningkat sehingga mempengaruhi pertumbuhan lalu lintas. Demikian halnya, pada Ruas Jalan Semoi Sepaku – petung 1 mengalami perkembangan kepadatan lalu lintas setiap tahunnya, akibatnya pada ruas jalan tersebut mengalami kerusakan pada lapis permukaan perkerasannya sehingga menyebabkan kualitas pelanayan jalan menurun. Tujuan penelitian ini untuk mencari nilai kondisi kerusakan pada ruas jalan Semoi Sepaku – Petung 1 dan menentukan perencanaan teknik perbaikan untuk menangani kerusakan pada perkersan jalan. Penelitian ini mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode analisa komponen Bina Marga 1987. Dengan hasil analisis berupa nilai dari kondisi kerusakan perkerasan jalan dan mendapatkan perencanaan teknik perbaikan jalan yang sesuai untuk menangani kerusakan pada perkerasan jalan. dengan hasil penelitian yaitu nilai kondisi perkerasan permukaan jalan dalam kondisi, 8,38% (sempurna), 46,35% (sangat baik), 31,94% (baik), 3,86% (sedang), 6,12% (buruk), dan 3,35% (sangat buruk), nilai kondisi perkerasan permukaan jalan secara keseluruhan termasuk ke dalam kondisi baik, tetapi pada beberapa bagian jalan terdapat kerusakan – kerusakan, sehingga pemeliharaan jalan secara rutin harus dilakukan. Selanjutnya, direncanakan perbaikan perkerasan jalan umur rencana 10 tahun, didapatkan hasil perencanaan untuk tebal lapis permukaan perkerasan lentur menggunakan Laston MS 744 dengan tebal 20 cm.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKerusakan jalanid_ID
dc.subjectteknik perbaikanid_ID
dc.subjectPCIid_ID
dc.subjectmetode analisa komponenid_ID
dc.titleAnalisis Teknis Kerusakan Perkerasan dan Metode Perbaikan pada Jalan Provinsi Kalimantan Timur (Semoi Sepaku – Petung 1)id_ID
dc.title.alternativeTechnical Analysis of Road Pavement and Repair Methods on Kalimantan Timur Province Roads (Semoi Sepaku – Petung 1)id_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record