PENGARUH RELIABILITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Seiring dengan perkembangan e-commerce pasca Covid-19 yang telah
mempengaruhi industri logistik di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui pengaruh Reliability (keandalan) layanan terhadap Kepuasan
Pelanggan JNE di Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
kuisioner yang disebarkan melalui google form kepada pelanggan JNE yang
berada di Kota Samarinda dan peneliti berhasil mengumpulkan sebanyak 150
responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
instrumen data (uji validitas dan reliabilitas), uji hipotesis (uji t dan uji koefisiensi
determinisasi R2 ). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa relibiality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena telah memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang dijanjikan sehingga pelanggan merasa JNE adalah perusahaan jasa yang dapat dipercaya dan diandalkan.