PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di
kota Samarinda. Subjek penelitian ini terdiri dari konsumen yang membeli produk
dari marketplace Shopee dengan berbagai bentuk promosi, termasuk gratis ongkos
kirim maupun flash sale di kota Samarinda. Penentuan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling dimana peneliti menentukan sendiri kriteria
pengambilan sampel dengan melalui pertimbangan-pertimbangan tertentu. Jumlah
sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara menyebarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ditentukan oleh
peneliti. Alat yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh ialah
software SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 22. Hasil dari
penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa promosi tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Karena dari hasil pengujian yang telah
dilakukan diketahui bahwa promosi hanya memiliki pengaruh sebesar 0,009.