PENGARUH RESPONSIVENESS (DAYA TANGGAP) KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh antara Responsiveness karyawan terhadap
kepuasan nasabah pada bank syariah indonesia. Objek penelitian adalah nasabah bank BSI KCP
Juanda di Kota Samarinda. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, perolehan data
primer dengan menyebarkan kuesioner melalui gform dan bertemu langsung dengan nasabah di bank
syariah Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden yang
diperoleh dengan menggunakan metode Probability Sampling. Analisis data menggunakan metode
statistik analisis regresi sederhana dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian yang telah dilakukan di
dapatkan bahwa persamaan regresi menunjukkan arah pengaruh variabel Responsiveness terhadap
kepuasan nasabah adalah positif, dan uji hipotesis diketahui nilai uji thitung > ttabel yang artinya
signifikan. Dengan demikian dinyatakan variabel Responsiveness memiliki hubungan positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah bank BSI KCP Juanda Kota Samarinda.