PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MEREK EIGER DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan
pembelian dengan loyalitas pelanggan sebagai variabel intervening pada merek Eiger di kota
Samarinda. Adapun, alat analisis yang digunakan adalah aplikasi analisis SmartPLS. Populasi dalam
penelitian ini adalah pelanggan yang telah membeli produk merek Eiger,dimana jumlah sampel
sebanyak 100. Hasil PLS menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap loyalitas pelanggan, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi
harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, loyalitas pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif dan
tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui loyalitas pelanggan dan persepsi harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui loyalitas pelanggan.