• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisa Perilaku Rangka Diagonal dan Ikatan Angin terhadap Metode Pergantian Rangka Utama Jembatan Baja

Thumbnail
View/Open
COVER (904Kb)
BAB 1 (487.5Kb)
BAB 2 (1.520Mb)
BAB 3 (2.039Mb)
BAB 4 (289.7Kb)
DAFTAR PUSTAKA (327.8Kb)
LAMPIRAN (1.551Mb)
SKRIPSI (4.699Mb)
Date
2025-01-17
Author
Rahmawati, Belinda Tasya Ayu
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini mengkaji perilaku rangka diagonal dan ikatan angin dalam proses pergantian rangka utama jembatan baja, dengan studi kasus Jembatan Jelarai. Penelitian berfokus pada analisis lendutan, gaya aksial, dan efektivitas metode perbaikan dengan menggunakan perangkat lunak SAP2000 dan Tekla Structures. Data utama diperoleh melalui simulasi pemodelan struktur dengan mempertimbangkan standar perencanaan konstruksi dan kondisi operasional aktual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode perbaikan dengan menambahkan kabel prategang dan batang tambahan mampu mengurangi lendutan hingga mendekati nilai toleransi. Nilai displacement pada batang tekan dan tarik yang sehat masing-masing adalah -0,0157 cm, sedangkan pada kondisi rusak mencapai -0,1102 cm dan -0,0872 cm. Setelah perbaikan, displacement berhasil diminimalkan menjadi 0,16 cm pada batang tekan dan 0,0125 cm pada batang tarik, sesuai batas toleransi. Selain itu, analisis gaya aksial menunjukkan perubahan signifikan pada elemen struktural yang diperbaiki. Elemen batang BSD 398 dan BSB 432 menunjukkan peningkatan stabilitas pasca-perbaikan, dengan distribusi gaya aksial yang kembali mendekati kondisi awal. Visualisasi menggunakan Bridge Information Modeling (BRIM) mempermudah identifikasi masalah, mengoptimalkan desain, dan mempercepat pengambilan keputusan selama proses perbaikan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode perbaikan jembatan baja yang lebih aman, efisien, dan berbasis teknologi. Metode ini diharapkan dapat diterapkan pada proyek jembatan serupa untuk meningkatkan keberlanjutan dan ketahanan infrastruktur.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5252
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback