PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGENCY COST PADA SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan perusahaan dan
ukuran perusahaan terhadap agency cost pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian ini adalah periode 2017-2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan data skunder berupa laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah
sebanyak 12 perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik
pengambilan data menggunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria yang
sudah ditentukan sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan farmasi dan
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda serta
menggunakan perangkat lunak SPSS. Pertumbuhan perusahaan didapatkan
dengan menghitung total asset tahun berjalan dikurangi total asset tahun
sebelumnya dan dibagi total asset tahun sebelumnya. Ukuran perusahaan
didapatkan dengan menghitung Logaritma Natural (LN) dikalikan dengan total
asset perusahaan. Agency cost didapatkan dengan menghitung beban operasional dibagi total penjualan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertumbuhan perusahaan
berpengaruh negatif signifika terhadap agency cost, ukuran perusahaan
berpengaruh positif signifikan terhadap agency cost, pertumbuhan perusahaan,
dan ukuran perusahaaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap agency
cost.